Mengatasi Kutu Rambut Pada Bayi dan Balita


Jaman sekarang masih ada kutu rambut? hahayy.. masih ada bu... mengenaskan memang... terakhir saya kena kutu rambut kayaknya jaman SD dulu deh... jaman jebot... tapi beberapa bulan yang lalu kedua anak saya kena kutu rambut, kasihan mereka jadi uring-uringan garuk-garuk kepala sampai lecet, gatalnya luar biasa... usut punya usut ternyata putriku ketularan neneknya, kutu rambut juga menular ke putraku dan aku sendiri!... kaget waktu kutemukan pertama kali kutu di rambut anakku dan lebih kaget lagi aku juga tertular kutu rambut, hah yang bener aja...

Yah dari pada ribut-ribut mending dicari solusinya, obat anti kutu ada dijual di apotik, kalo untuk dewasa sih mungkin aman-aman aja, tapi kalo untuk anak-anakku yang masih kecil bagaimana? beresiko...setelah browsing-browsing mengenai kutu rambut, akhirnya aku mengambil beberapa kesimpulan dan menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan :

1. Pemusnahan kutu rambut dilakukan secara serentak dari nenek, anak-anak dan aku sendiri.
2. Ganti sprei dengan yang bersih termasuk sarung bantalnya.
3. Setiap malam ketika anak-anak sudah tidur kulit kepala dan rambutnya diolesi dengan minyak kelapa murni  (minyak lentik)  atau virgin coconut oil (VCO) atau minyak zaitun, besok paginya rambut dishampoo seperti biasa dengan shampoo bayi tentunya. Minyak akan membasahi dan masuk ke badan kutu sehingga mati selain itu baunya juga mungkin bikin kutu mabok hehehe..... tapi ibu tidak usah kuatir baunya tidak mengganggu anak kita kok, masih bisa diterimalah.. dari ketiga jenis minyak tersebut yang baunya paling kuat adalah minyak zaitun, kalau minyak lentik atau VCO baunya lembut. Kalau saya malah kadang mengkombinasikan minyak zaitun dengan VCO.

Kebetulan saya mempunyai stok minyak ketiga jenis minyak tersebut di rumah, jadi tidak keluar duit lagi untuk memberantas si kutu rambut beserta telur-telurnya, yang penting dilakukan tiap malam, dalam jangka waktu seminggu anak-anak sudah tidak garuk-garuk kepala lagi.
Yang penting ibu harus waspada anak ibu garuk kepala karena gatal biasa atau karena kutu, perhatikan saja kebiasaannya, kalau menggaruknya semangat, keras dan sering, cek kulit kepala dan rambutnya, jangan sampai  kelamaan baru ketahuan, selain tidak nyaman, tidurnya juga terganggu karena gatal. Telur kutu yang menempel di rambut juga menandakan kalau kutu sudah cukup lama bersarang, untuk menghilangkan telor kutu, saat rambut basah karena olesan minyak sisir rambut perlahan dengan sisir yang giginya rapat.

2 komentar:

  1. kalau kutunya masih bandel ini gan obatnya..
    cek web dibawah ini..dan buktikan sendiri.

    http://kuturambutbandel.blogspot.com/

    soalnya sangat memalukan sekali kalau hari gini rambut masih kutuan

    BalasHapus
  2. Shampoo kutu rambut herbal, 08129552724; 7EDAD999 atau www.shampoomadu.web.id

    BalasHapus